Pahami 5 Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh. Jangan Diabaikan

Pahami 5 Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh. Jangan Diabaikan

Payudara adalah bagian penting dari tubuh wanita yang dapat mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit dalam berbagai situasi. Salah satu keluhan umum yang dialami oleh beberapa wanita adalah rasa sakit saat payudara disentuh. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan rasa sakit pada payudara saat tersentuh:

  • Siklus Menstruasi: Perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dapat memengaruhi payudara. Banyak wanita melaporkan bahwa mereka merasa payudara lebih sensitif dan sakit beberapa hari sebelum menstruasi. Pada saat ini, payudara juga dapat menjadi lebih bengkak dan terasa nyeri saat disentuh.
  • Peningkatan Hormon: Peningkatan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan dapat menyebabkan perubahan pada payudara. Beberapa wanita mengalami rasa sakit saat payudara disentuh saat mereka sedang hamil atau menyusui. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan perubahan struktur payudara.
  • Infeksi: Infeksi pada payudara seperti mastitis (radang payudara) dapat menyebabkan rasa sakit saat payudara disentuh. Infeksi ini umumnya terjadi pada ibu menyusui dan ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada satu sisi payudara. Jika Anda mengalami gejala seperti itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.
  • Cedera atau Trauma: Cedera pada payudara seperti benturan atau trauma fisik juga dapat menyebabkan rasa sakit saat payudara disentuh. Pada kasus seperti ini, rasa sakit biasanya disertai dengan memar, bengkak, atau perubahan warna pada kulit. Jika Anda mengalami cedera pada payudara, segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengobatan yang sesuai.
  • Kista Payudara: Kista adalah benjolan berisi cairan yang dapat terbentuk di dalam payudara. Kista payudara dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat disentuh. Rasa sakit ini biasanya berhubungan dengan ukuran dan posisi kista dalam payudara. Jika Anda merasa khawatir tentang benjolan atau kista pada payudara, segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Selain faktor-faktor di atas, ada juga beberapa kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit pada payudara saat tersentuh. Jika rasa sakit yang Anda alami berlanjut atau memburuk, sangat penting untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda. Dokter akan dapat mengevaluasi gejala Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan jika perlu, merujuk Anda ke spesialis payudara untuk diagnosis dan pengobatan lebih lanjut.

Comments